Tips Parenting Untuk Single Dad

Home/Uncategorized/Tips Parenting Untuk Single Dad

Tips Parenting Untuk Single Dad

Menjadi seorang single parents memang bukanlah tugas yang mudah, dibutuhkan tanggung jawab serta kasih sayang yang lebih untuk tetap memberikan kasih sayang terhadap anak.

Tentunya selain kasih sayang dan tanggung jawab di samping itu, Anda pun harus menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan mencari penghasilan untuk menghidupi keluarga Anda. Kedengarannya mungkin sulit untuk dilakukan. Tapi jangan khawatir, simak 10 kiat sukses untuk menjadi single dad berikut ini!

single dad

#1 Anak dan Ayah Adalah Hubungan Yang Abadi

Walaupun hak asuh jatuh ke tangan istri Anda, jangan anggap Anda bukan lagi seorang ayah bagi anak-anak Anda. Jangan juga menganggap anak Anda bukanlah darah daging Anda. Perceraian hanyalah memutuskan hubungan suami istri, tetapi Anda tetap harus menjalin hubungan baik dengan anak Anda.

#2 Menghiraukan Opini Negatif

Secara sosial, perceraian akan dianggap negatif apalagi dengan kebudayaan Timur yang kita anut. Akan tetapi, pahamilah bahwa keputusan bercerai ini adalah untuk yang terbaik dan jangan sampai anak Anda menjadi korban pandangan negatif tersebut. Untuk menghindari hal ini, komunikasi dengan anak sangatlah penting.

Jelaskan kepada mereka alasan Anda bercerai (jika anak Anda sudah cukup dewasa untuk mengerti) dan beri penjelasan bahwa pilihan ini adalah yang terbaik.

Sebagai orangtua, Anda tentu tidak ingin anak Anda dicemooh bukan? Pada akhirnya, menjadi single parents bukan berarti akan lebih buruk daripada orangtua lainnya, bukan? Saringlah hal yang berguna dan buang jauh-jauh hal negatif yang menjatuhkan.

#3 Tetap Tenang Apapun Kondisinya

Sebagai single dad, Anda harus pintar membagi waktu dan hal tersebut bukanlah hal yang mudah dilakukan. Di pagi hari, Anda harus bangun pagi, mempersiapkan anak Anda, bekerja, dan di malam hari Anda harus mengurusi anak Anda. Jadwal seperti ini sangatlah menantang dan dapat membuat Anda tertekan. Kondisi mental yang tertekan dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah emosi dan marah. Cara yang tepat untuk menyikapinya adalah dengan berbicara kepada seseorang (baik teman maupun keluarga) secara rutin atau menulis sebuah jurnal sebagai lahan untuk meluapkan emosi.

Itulah tips parenting untuk Anda para single dad kuat diluar sana.

By | 2018-05-15T04:06:27+00:00 May 15th, 2018|Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment